Timnas Voli Indonesia Lolos Final SEA Games 2023 Menuju Hattrick Medali Emas

Ragam SEA Games

sepakbolalokal.com-Timnas voli putra Indonesia lolos ke final SEA Games 2023. Satu langkah menuju hattrick medali emas. Indonesia menembus final cabang olahraga voli putra SEA Games 2023 Kamboja usai menggebuk Vietnam di semifinal.

Dalam laga yang digelar di Olympic Indoor Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5/2023), timnas voli putra Indonesia menang tiga set langsung atas Vietnam. Pada set pertama, Rivan Nurmulki dkk sempat mendapat perlawanan ketat dari lawan, sebelum menutup laga dengan kemenangan 30-28. Setelah itu, Indonesia hampir tidak menemui kesulitan berarti pada dua set berikutnya. Mereka menang 25-19, 25-18.

“Tinggal besok. Kami berproses untuk tiba di final,”kata pelatih timnas voli putra Indonesia Jeff Jiang Jie, dikutip dari Antara News.

“Semoga bisa meraih hasil yang terbaik,”imbuh juru strategi berkebangsaan China itu.

Dalam perjalanannya ke final, Indonesia tidak pernah kehilangan satu set pun. Mereka selalu menang 3-0. Ini bisa dibilang strategi rotasi yang berhasil dari pelatih Jeff Jiang.

Pada awal laga, Jeff Jiang sempat mengandalkan outside hitter muda berusia 20 tahun, Boy Arnez. Namun, seiring perjalanan waktu, sang pelatih mulai menemukan formasi andalan.

Dalam dua pertandingan terakhir, Jeff Jiang Jie mengandalkan Hendra Kurniawan, Doni Haryono, Fahri Septian, Rivan Nurmulki, Hernanda Zulfi dan Dio Zulfikri. Untuk posisi libero, Henry Ade Novian dan Fahreza Rakha dimainkan secara bergantian. Meski begitu, Jeff Jiang Jie tidak menutup kemungkinan akan kembali melakukan rotasi untuk laga final besok.

“Rotasi akan terus kami lakukan sesuai dengan kebutuhan tim. Kami tunggu pertandingan besok,”kata Jeff Jiang.

Jika Berhasil Atasi Kamboja di Final, Menjadi Kemenangan Medali Emas ke 3 Beruntun

Final voli putra SEA Games 2023 akan digelar besok, Senin (8/5/2023) di Olympic Indoor Stadium, Phnom Penh. Indonesia dipastikan melawan Kamboja. Kamboja melangkah ke final setelah memenangi laga ketat kontra Thailand dengan skor 3-2 (18-25, 21-25, 25-21, 25-16, 15-10).

Jika bisa mengatasi Kamboja di final, timnas voli putra Indonesia bakal meraih medali emas untuk kali keti9a beruntun di cabor voli putra SEA Games. Sebelumnya, timnas voli putra sudah menjuarai SEA Games edisi 2019 (Filipina) dan 2021 (Vietnam).