Peluang Arsenal Juarai Liga Inggris Kian Anjlok Usai Bermain Imbang

Berita SepakBola Liga Inggris

sepakbolalokal.com-Hitung-hitungan peluang Arsenal untuk menjadi juara Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, musim 2022-2023, kian anjlok. Hal ini tak lepas dari hasil imbang yang diraih Arsenal pada laga lanjutan Liga Inggris kontra Southampton di Stadion Emirates, London, Sabtu (22/4/2023) dini hari WIB.

Arsenal selaku tim tuan rumah susah payah mengamankan poin dalam laga tersebut. Mereka sempat tertinggal 1-3 sebelum bisa menyamakan kedudukan dan mengakhiri laga dengan skor 3-3. Hasil imbang ini sekaligus memperpanjang tren buruk Arsenal yang selalu gagal memetik kemnangan dalam tiga laga terakhir di Liga Inggris.

Sebelum seri melawan Southampton, Arsenal juga meraih hasil imbang kontra Liverpool (2-2) dan West Ham United (2-2). Alhasil, Arsenal gagal menciptakan selisih poin yang signifikan dengan sang pesaing terdekat, Manchester City. Arsenal memimpin klasemen Liga Inggris dengan koleksi 75 poin dari 32 pertandingan.

Klub berjulukan The Gunners itu hanya unggul lima angka atas Man City yang membayangi di peringkat kedua. Selisih poin tersebut terbilang mengkhawatirkan karena Man City mengantongi dua pertandingan lebih banyak ketimbang Arsenal.

Dengan demikian, Man City punya peluang besar untuk menyalip Arsenal dalam perlombaan menuju gelar juara Liga Inggris 2022-2023. Terlebih lagi, anak-anak asuh Pep Guardiola tengah dinaungi tren positif setelah selalu meraih kemenangan dalam enam laga terakhir di Liga Inggris.

Kans Arsenal Anjlok

Apabila melihat dari situasi yang tengah terjadi dalam persaingan gelar juara Liga Inggris 2022-2023, Arsenal ada di posisi kurang menguntungkan. Kemampuan Arsenal yang bangkit dari ketertinggalan saat melawan Southampton pun belum cukup untuk menetralisir keadaan.

Bahkan, seoarang analisis olahraga dari penyedia data Nielsen’s Gracenote, Simon Gleave, mengatakan bahwa peluang Arsenal untuk menjuarai Liga Inggris 2022-2023 telah anjlok dari 32 persen menjadi 21 persen.

Sebaliknya, peluang Man City menjadi juara Liga Inggris 2022-2023 disebut telah meningkat menjadi 79 persen. Persentase peluang itu mengacu pada hasil imbang yang diraih Arsenal dalam tiga laga beruntun.

“Hasil imbang 3-3 (vs Southampton) membuat peluang Arsenal untuk menjuarai Premier League musim ini turun dari 32 persen menjadi 21 persen menurut Euro Club Index kami,”kata Simon Gleave, dikutip dari BBC.

“Kemungkinan Manchester City meraih gelar juara liga ketiga berturut-turut telah meningkat menjadi 79 persen dengan Arsenal kehilangan poin dalam tiga laga beruntun,”ujar Simon Gleave.

Peluang Arsenal untuk meraih gelar juara Liga Inggris 2022-2023 bisa saja kembali merosot jika mereka takluk dari Man City. Laga Man City vs Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris 2022-2023 dijadwalkan berlangsung di Stadion Etihad pada Kamis (27/4/2023) dini hari WIB. Arsenal dibayangi riwayat buruk menjelang laga krusial tersebut. Mereka belum pernah mengalahkan Man City di Liga Inggris sejak 2015.