Fabio Quartararo Merasa Balapannya Hancur Oleh Nakagami Pada MotoGP Argentina 2023

MotoGP

Fabio Quartararo tak senang dengan manuver Takaaki Nakagami pada lap awal race MotoGP Argentina 2023. El Diablo merasa balapannya hancur gara-gara Nakagami.Fabio Quartararo memulai balapan MotoGP Argentina 2023 di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (3/4/2023) dini hari WIB, dari urutan ke-10.

Dia membutuhkan start bagus untuk memperbaiki posisi. Namun, Quartararo malah mengalami sial pada lap awal. Pebalap Monster Energy Yamaha itu disenggol Takaaki Nakagami (LCR Honda) di tikungan, tak lama selepas start.

Quartararo bisa mengendalikan laju motornya. Namun, dia melebar dan melorot ke posisi 16 dari 17 pebalap. Steward MotoGP sempat menginvestigasi kejadian tersebut, teQuartararo geram dengan keputusan Steward MotoGP yang tidak menindak pebalap asal Jepang itu.

Quartararo geram dengan keputusan Steward MotoGP yang tidak menindak pebalap asal Jepang itu. El Diablo memberi contoh insiden serupa di Moto3 yang berujung sanksi bagi salah satu pebalap.

“Sejujurnya, saya tidak mengerti apa yang mereka (Stewards) lakukan,”kata Quartararo, dikutip dari Crash.

“Saya menonton balapan Moto3. Ayumu (Sasaki) di tikungan 5 melakukan overtake yang bagi saya benar-benar bersih, tapi dia sedikit menyentuh pebalap lain yang selalu kami lakukan di MotoGP dan dia dijatuhi sanksi turun satu posisi,”imbuhnya.

Menurut Quartararo, insiden senggolan dengan Nakagami benar-benar membuat balapannya hancur.

“Nakagami baru saja menghancurkan balapan saya di salah satu tikungan dan tidak mendapat apa-apa,”ujar Quartararo.

“Saya tidak tahu, kenapa masih orang yang sama yang melakukan hal-hal ini,”imbuh juara dunia MotoGP 2021 itu.

Meski terhambat Nakagami, Quartararo berhasil memperbaiki posisinya hingga finis di urutan ketujuh.

Insiden Balap

Di sisi lain, Takaaki Nakagami menilai bahwa senggolan dengan Fabio Quartararo adalah murni insiden balap.

“Sejujurnya, pada saat itu, saya pikir saya bisa menyalip,”kata Nakagami.

“Kami bersentuhan sedikit, tapi ini balapan. Dia tidak jatuh. Tentu saja, dia kehilangan posisi, saya ingin meminta maaf untuk itu, tapi ini balapan,”ujar Nakagami.